Ad 468 X 60

9/30/2011

Tagged Under:

Bisakah Kanker Payudara Menular?

Share
Kanker dapat terjadi pada setiap manusia mulai dari bayi hingga orang tua, tetapi yang paling sering terjadi adalah menyerang pada seseorang yang berusia 30 tahun atau lebih. Kanker itupun lebih banyak menyerang pada wanita dengan perbandingan 5:3 dari pada pria. Pada wanita, paling banyak ditemukan kanker pada mulut rahim, payudara dan hati.Sedangkan pada pria, kanker ditemukan pada kulit, paru-paru, dan hati.

Sebenarnya semua bagian tubuh tidak lepas dari resiko terkena kanker kecuali rambut dan kuku. Penyebab kanker secara pasti belum ditemukan, namun yang pasti beberapa bahan yang memicu adanya kanker menurut penelitian adalah rokok, beberapa bahan kimia, sisa pembakaran “zat arang”, dan bebera! pa bahan tambang yang masuk dalam tubuh. 

Resiko Kematian

Resiko kematian pada penderita penyakit kanker cukup tinggi, karena kanker sering membentuk anak sebar dan metastase. Sebagai contoh, seorang wanita masih mempunyai resiko kematian yang tinggi walaupun kanker payudara sudah bisa diangkat. Hal ini disebabkan oleh adanya pembentukan anak sebar tersebut. Anak sebar kanker payudara bisa mencapai ketiak, paru-paru, hati, tulang, otak dan organ-organ lainnya. 

Apakah kanker menular?

Sebenarnya sang kanker tidak menular, tetapi virus penyebabnya yang menular. Contoh kanker seviks (mulut rahim) dapat disebabkan oleh HPV human papilloma virus infection tipe 18. dapat ditularkan melalui senggama. Saat ini kita bersyukur karena ada vaksin untuk mencegah tertularnya virus HPV yang dapat di berikan pada usia antara 10 sampai 55 tahun. Virus penyebab kanker hati yaitu virus hepatitis B juga dapat dit! ularkan melalui ludah pada peralatan makan atau ciuman dan uri! ne.

Pengobatan

Pengobatan dasar kanker adalah operasi, penyinaran, dan obat-obatan kimia (kemoterapi, hormone, imunoterapi).Hal yang menyebabkan sebagian besar penderita kanker datang terlambat adalah karena umumnya kanker stadium dini atau permulaan tidak menimbulkan gejala yang jelas dan tanpa rasa sakit sama sekali. Tak ada panas badan maupun nyeri seperti penyakit lainnya, sehingga kita tidak sadar akan ada kanker di tubuh kita. Karena itu penting sekali mengetahui apa kanker itu, bagaimana mencegah dan apa-apa penemuan dini atau penemuan kanker permulaan.

Sumber artikel Tabloid Nurani
Sumber image pennstatehershey.adam.com

1 komentar: