Ad 468 X 60

7/13/2011

Tagged Under:

Kutu Rambut

Share
Kutu rambut merupakan problem yang sudah biasa di sekitar kita tetapi tetap saja memalukan. Biangnya adalah Pediculus humanus varian capitis. “dia” mampu berkembangbiak dengan cepat, biasanya sang betina bertelur 6 biji dalam sehari yang kemudian akan menetas satu minggu setelah itu. Lalu sang anak yang berjenis betina akan menghasilakan telur setelah umur dua minggu kemudian, sehingga dengan waktu yang relatif singkat, seseorang akan memiliki kutu rambut hingga ratusan di kepalanya.

Kutu rambut seringkali menyerang anak-anak usia sekolah TK dan SD, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa, terutama dengan hygien yang buruk. Kutu ini sangat menyukai rambut yang tidak atau kurang terjaga kebe! rsihannya. Umumnya dikarenakan jarang mencuci rambut.

Kutu rambut pun sangat mudah berpindah-pindah tempat terutama melalui kontak langsung dari kepala ke kepala, melalui media tempat tidur, sisir, topi dll yang digunakan bersama.

Gejala dan Tanda

Gejala yang dirasakan akibat adanya kutu rambut cukup khas, yakni rasa gatal pada kulit kepala. Akibat lebih jauh terhadap penyakit ini adalah infeksi kulit kepala. Karena garukan, kulit menjadi kemerahan, luka lecet dan mengeluarkan cairan serum bahkan darah. Rambutpun biasanya menggumpal yang di sebabkan karena terjadi perlekatan oleh cairan atau darah tersebut. Pada anak yang menderita infeksi kutu rambut, seringkali rewel dan tidur gelisah karena rasa gatal yang mengganggu.

Bahaya Kutu

Walaupun menular, penyakit kutu rambut bukanlah penyakit yang berbahaya tetapi tetap saja harus waspada. Garukan yang menimbulkan lecet di kulit kepal! a bisa jadi menjadi parah akibat adanya infeksi bakteri. Kadan! g terjad i pembengkakan getah bening di leher kepala bagian belakang.

Cara Mengatasi

Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk memusnahkan semua stadium kutu rambut (kutu dewasa, nimfa dan telur). Obat pilihan terbaik untuk membasmi kutu rambut hingga saat ini ialah cairan atau lusio malathion 0,5% -1%. Cara penggunaannya dengan mengoleskan obat tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala, kemudian ditutup dengan handuk atau plastik (plastik penutup kepala), lalu biarkan semalaman atau lebih kurang 8 jam. Keesokan harinya dicuci dengan shampoo dan disisir dengan menggunakan sisir rapat. Pemgobatan ini dapat diulang seminggu sekali jika masih terdapat kutu rambut di kepala.

Ada alternative lain untuk minghilangkan kutu rambut, yaitu :
  1. Dengan mencampurkan minyak kelapa dengan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk mengolesi seluruh rambut dan bagian kulit kepala. Diamkan selama satu jam dengan memberikan pen! utup kepala. Setelah itu, sisir menggunakan sisir bergigi rapat, yang kemudian lanjutkan dengan mencuci rambut dengan shampoo yang ada. Ulangi sampai kutu rambut benar-benar hilang dari rambut kepala.
  2. Minyak kelapa. Minyak kelapa mampu membunuh kutu rambut. Minyak kelapa akan membuat mereka lemas dan dehidrasi, karena minyak kelapa akan menyumbat saluran napas kutu rambut. Cara terapinya sama dengan campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis.
  3. Cuka Putih. Penggunaan cuka putih tidak dimaksudkan untuk membunuh kutu dewasa, tetapi sangat efektif untuk membasmi telur kutu rambut. Cuka putih akan merontokkan telur yang biasanya terikat erat di batang rambut, sehingga lebih mudah diangkat denga sisir bergigi rapat. Cara terapinya pun sama dengan yang diatas.

Jika kepala sudah benar-benar bersih dari kutu rambut, maka perlu adanya upaya pencegahan agar kutu rambut tidak datang kembali. Upayakan pencegahan dengan cara mengobati seluruh penghuni rumah! dan menghindari penggunaan sisir, topi, bantal dll bersama-sa! ma denga n orang lain walaupun kerabat dekat.

Adapun apabila terlanjur terjadi infeksi bakteri yang ditandai dengan adanya nanah, maka perlu diberikan antibiotik dengan cara dioles maupun diminum. Untuk itu, datanglah ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan terbaik.


Search :
kutu rambut, menghilangkan kutu, cara menghilangkan kutu, menghilangkan kutu rambut, telur kutu, kutu manusia, membasmi kutu rambut, mengatasi kutu rambut, kutu di kepala, kutu rambut manusia, kutu rambut anak, pembasmi kutu rambut, basmi kutu rambut,

0 komentar:

Posting Komentar